Ruang Hobby

Ruang Nya Berbagai Hobby

Menu
Selamat Datang Di Portal Ruang Hobby, Tempatnya berbagi hobby, informasi dan komunitas serta Tips dan Trik

Dark Story: MMORPG Komplit dalam Genggaman

May
28
2018
by : Ceps Ibo. Posted in : Game

Tak dipungkiri, perkembangan teknologi ponsel turut menggeser tren bermain game. Bila dulu game PC online sempat mengalami masa kejayaan, kini giliran game mobile yang menjadi primadona.

Bukan berarti game PC online mulai ditinggalkan. Masih ada beberapa judul game PC online yang masih bertahan dengan gamer loyal. Walau begitu, pergeseran tren ini perlahan mulai mengubah persepsi publisher dan developer game itu sendiri.

Agar tak tergerus zaman, publisher dan developer game itu pada akhirnya ikut arus dengan membuat game mobile. Nah, salah satunya adalah Winner Interactive, pubsliher game Indonesia anak perusahaan dari Winner Online (Thailand).

Sama seperti publisher game lokal pada umumnya, Winner Interactive kerap merilis berbagai macam judul game PC online, seperti misalnya XSHOT, Grand Fantasia, Ace Online, Kitsune, dan lainnya. Kini Winner Interactive mencoba eksis kembali di industri game Indonesia lewat game mobile bertajuk Dark Story.

Dark Story merupakan game mobile pertama yang dirilis Winner Interactive. Game ini sudah tersedia secara gratis di Google Play Store sejak Oktober lalu. Untuk platform iOS, Winner Interactive menjanjikan akan merilisnya dalam waktu dekat.

Bagaimana rasanya memainkan Dark Story?

 

Harus diakui, latar belakang cerita Dark Story memang tidak jauh berbeda dari game MMORPG (Massively Multiplayer Online Role-playing Game) yang pernah ada, yakni cerita Kungfu China di abad pertengahan. Karenanya, jangan heran bila Anda akan menemukan nuansa-nuansa China sepanjang permainan, mulai dari desain karakter, lingkungan, sampai latar suara.

Untuk alur ceritanya sendiri, dikisahkan ada seorang petarung hebat bernama Mook Yang. Sebagai seorang petarung, Mook Yang juga dikenal sebagai sosok yang menguasai berbagai macam jurus bela diri.

Karena kehebatan Mook Yang, seorang penyihir jahat bernama Evil King merasa iri. Dengan menggunakan kekuatannya, Evil King mengutuk seluruh negeri dengan melepaskan monster dan kekuatan iblis. Akibatnya, seluruh negeri tersebut tak ubahnya menjadi sebuah negeri dongeng yang sangat menyeramkan.

 

Suatu hari, Evil King membunuh ayah Mook Yang untuk meluapkan ambisinya. Dimulai dari kematian sang ayah, Mook Yang bertekad mengabdikan dirinya dengan berlatih penuh demi membalaskan dendam ayahnya.

Namun sayang, takdir berkata lain. Mook Yang terlebih dulu dibunuh sebelum membalaskan dendamnya. Setelah kematian Mook Yang, Guardian mengambil dan memisahkan jiwa Mook menjadi 10.000 bagian ke seluruh penjuru negeri.

Bagi siapapun yang menemukan jiwa Mook Yang, maka akan mampu untuk melawan dan mengalahkan Evil King dan seluruh negeri akan kembali seperti sedia kala.

 

Permainan Dark Story tak ubahnya dengan game MMORPG yang ada di PC. Hanya saja, Dark Story dibuat lebih ringkas dengan menggunakan tombol analog. Bila dulu mungkin berjalan menggunakan klik atau arah panah, maka kini menggunakan analog yang terletak di sebelah kiri layar.

Sebelah kanan dipakai untuk tombol menyerang dan skill. Menariknya, meski bisa dijalankan secara manual, game ini menawarkan mode permainan yang serba otomatis. Pemain tinggal mengklik quest atau mission yang ada di sebelah kiri, maka karakter otomatis akan berjalan bahkan sampai menghabisi monster yang ada.

 

Fitur ini disebut sebagai dua sisi koin. Di satu sisi, fitur ini menyenangkan karena kita tak perlu repot-repot menggerakkan analog untuk berjalan. Tapi bagi gamer hardcore, mungkin tidak terlalu menyukainya. Tak masalah, toh kita tetap bisa menjalankan secara manual.

Perlu diingat bahwa fitur otomatis ini tak cuma berlaku ketika menjalankan misi. Di luar misi, semisal kalian ingin melakukan grinding (leveling), tinggal mengklik tombol bot. Namun, dari pengalaman kami, grinding dengan membasmi musuh tak cukup kuat untuk menaikkan level secara signifikan dibanding menyelesaikan quest.

Tak cuma itu, walau berjalan dan menyerang bisa dilakukan secara otomatis, kita tetap harus melakukannya secara otomatis ketika bicara menerima dan menyelesaikan misi. Jadi, kita tidak bisa serta merta langsung menyerahkan semua urusan kepada bot.

 

Dark Story menyodorkan beragam kelas yang bisa dipilih, mulai dari Sword, Blade, Lancer, dan Archer. Pemain juga bisa memilih gender, apakah pria atau wanita. Masing-masing kelas ini memiliki kelebihan dan kelemahan, seperti misalnya kelas Blade yang punya kelebihan dari segi pertahanan, tapi lemah di serangan kritikal. Beda dengan kelas Sword yang punya kelebihan di ATK tapi kurang begitu bagus di pertahanan.

Sama seperti game MMORPG pada umumnya, Dark Story juga dilengkapi dengan sistem senjata, armor, dan aksesoris. Masing-masing dari item ini memiliki level dan status yang berbeda. Semakin tinggi level item tersebut maka akan semakin meningkatkan status serangan dan pertahanan dari karakter kalian. Beberapa item yang dikenakan, seperti senjata dan armor akan ditampilkan secara visual.

 

Selain item armor dan senjata, adapula costume. Costume ini bisa dikatakan sebagai pemanis karakter. Walau demikian, setiap costume yang dikenakan bisa juga meningkatkan status dari karakter. Menariknya, costume ini hadir dengan skill yang berbeda. Skill ini bisa dipakai secara aktif dengan cooldown yang cukup lama.

Winner juga menyajikan sistem mount atau tunggangan. Mount dalam Dark Story memiliki wujud yang beragam, mulai dari singa, serigala, sampai binatang mistis lainnya. Mount ini tak cuma mempercepat langkah karakter dalam menjelajah area, tapi juga turut meningkatkan statistik karakter. Jadi, semakin tinggi level mount, semakin kuat karakter kalian.

 

Kalian pun diperkenankan untuk melakukan forge atau dikenal dengan istilah ‘nempa’ guna memperkuat item yang dipakai. Untuk menempa item, tentu dibutuhkan item khusus. Item ini bisa didapat dengan cara hunting.

Awas! Kalian bisa Dibunuh Pemain Lain

 

Dalam Dark Story: The Demon Slayers pemain dapat dengan bebas melakukan PvP (Player versus Player) dan PK (Player Kill) di luar arena maupun event. Untuk melakukan ini, hanya perlu mengubah pengaturan yang ada di bawah Health Bar dan mengubah mode PK sesuai dengan kebutuhan. Namun jangan khawatir, untuk dapat melakukan ini, kalian harus memiliki minimal Level 50 dan berada di Map Level 50 atau lebih.

Di dalam permainan Dark Story juga terdapat Siege Waryang merupakan sebuah event dimana setiap Guild di Dark Story bersaing untuk menguasai sebuah kota. Ketika Event dimulai, pemain harus berlomba-lomba menghancurkan gerbang kota dan mencapai ruangan tahta.

 

Gerbang menuju ruang tahta akan tertutup beberapa saat setelah ruang tahta dimasuki pemain. Pemain yang terbunuh dalam ruang tahta akan hidup kembali di luar gerbang ruang tahta dan tidak akan bisa masuk lagi. Guild terakhir yang berada di ruang tahta ketika durasi Event berakhir akan dinyatakan sebagai pemenang, dan Guild tersebut akan memulai Siege War dari dalam ruang tahta pada Siege War selanjutnya.

Terakhir, yang tak kalah menarik adalah sistem Titan. Ya, kalian dapat berubah menjadi raksasa besi yang disebut Titan untuk memperoleh bonus status yang besar agar dapat mengalahkan musuh dengan cepat untuk waktu yang terbatas. Pemain akan dapat berubah menjadi Titan setelah menyelesaikan Main Quest di Level 40.

 

 

Untuk saat ini Dark Story hanya bisa diunduh di perangkat Android. Untuk iOS, Winner mengkonfirmasi akan dirilis dalam waktu dekat.

Homepage Website: https://darkstory.web.id/main/
Download Android: https://goo.gl/MMpt9S
Official Group: https://www.facebook.com/groups/1822406518051228/
Facebook Fan Page: https://www.facebook.com/DarkStoryID/
Email: support@winnerinter.co.id

artikel lainnya Dark Story: MMORPG Komplit dalam Genggaman

Saturday 5 May 2018 | Game, Teknologi

Google kabarnya tengag membantu pengusaha muda bidang teknologi, Michael Sayman, dalam membangun dan meluncurkan startup gaming…

Tuesday 1 May 2018 | Game

Di mana lagi tempat buat kita menyalurkan hasrat terpendam dan membangun kehidupan ideal selain The Sims? Waralaba…