Ruang Hobby

Ruang Nya Berbagai Hobby

Menu
Selamat Datang Di Portal Ruang Hobby, Tempatnya berbagi hobby, informasi dan komunitas serta Tips dan Trik

Jalur Baru Akses GEOPARK CILETUH

Apr
25
2018
by : Ceps Ibo. Posted in : Travel

Ini dia Jalur Baru Akses GEOPARK CILETUH Sukabumi

Sukabumi merupakan daerah di selatan Jawa Barat yang memiliki keindahan alam, keragaman budaya dan potensi sumber daya alam yang luar biasa. Daerah itu kini menjadi makin dikenal dengan kehadiran Geopark Ciletuh Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi sejak 2015 lalu.

Untuk bisa disebut geopark, kawasan tersebut harus menunjukkan adanya keragaman baik keragaman geologi, keragaman hayati, dan keragaman budaya. Semua keragaman ini bisa dinikmati di kawasan Geopark Ciletuh Palabuhanratu. Bahkan Geopark Ciletuh baru saja pada April 2018 diakui dunia sebagai bagian dari United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO) Global Geopark (UGG) dalam sidang Executive Board UNESCO ke 204 di Paris Perancis.

Geopark Ciletuh-Palabuhanratu memiliki luas lahan 126.100 hektare yang tersebar di 74 desa dan delapan kecamatan di Kabupaten Sukabumi. Delapan kecamatan yang masuk kawasan geopark yakni Ciracap, Surade, Ciemas, Waluran, Simpenan, Palabuhanratu, Cikakak, dan Cisolok.

Kawasan Geopark Ciletuh menawarkan bentang alam yang indah dan masuk dalam keragaman geologi. Di mana warga bisa melihat pemandangan di daerah tinggi dengan lembah berbentuk tapal kuda yang terbuka ke arah laut sehingga membentuk seperti panggung alam atau disebut amfiteater.

Bentuk amfiteater ini memiliki diameter lebih dari 15 kilometer sehingga dinilai sebagai bentuk amfiteater alam terbesar di Indonesia. Keindahan amfiteater dan Teluk Ciletuh dapat di lihat dari daerah Panenjoan di Desa Tamanjaya, Pamoyanan di Desa Ciemas, Puncakdarma dan Cikalapa di Desa Girimukti.

Related Post

artikel lainnya Jalur Baru Akses GEOPARK CILETUH

Monday 21 May 2018 | Travel, Travel Info

Jika mendengar nama Bandung, pasti Anda langsung ingat bahwa kota tersebut memiliki julukan Paris Van Java.…

Wednesday 2 May 2018 | Travel, Travel Info

Digelar simultan di delapan kabupaten/kota di seluruh Indonesia sejak bulan Oktober 2017, program¬†Corporate Social Responsibility¬†Telkomsel “Baktiku…

Saturday 5 May 2018 | Travel, Travel Info

Situ Cigayonggong yang terletak di Kampung Cigayonggong Desa Kasomalang Wetan Kecamatan Kasomalang, Subang yang dulunya tidak…

Monday 21 May 2018 | Travel, Travel Tips

Tradisi mudik atau pulang ke kampung halaman saat lebaran tetunya sudah menjadi tradisi tahunan bagi umat…