Ruang Hobby

Ruang Nya Berbagai Hobby

Menu
Selamat Datang Di Portal Ruang Hobby, Tempatnya berbagi hobby, informasi dan komunitas serta Tips dan Trik

(REVIEW) The Sims Mobile

May
01
2018
by : Ceps Ibo. Posted in : Game

Di mana lagi tempat buat kita menyalurkan hasrat terpendam dan membangun kehidupan ideal selain The Sims? Waralaba video game yang pertama kali hadir pada 2000 ini senantiasa nyajiin seri-seri game simulator sebagai alternatif realita bagi para pemainnya. Pada perjalanannya, game-game The Sims dengan berbagai expansion packs-nya selalu hadir buat platform PC. Namun, kali ini, Maxis, sang developer, akhirnya nunjukin keseriusan mereka di dunia mobile melalui The Sims Mobile.

Ini bukan pertama kalinya seri The Sims hadir sebagai game mobile. Sebelumnya, Maxis bersama EA Mobile dan Firemonkeys Studios merilis The Sims FreePlay yang juga menyajikan dunia dan karakter virtual. Sayangnya, meski mendapat rating cukup tinggi—4,2 di Google Play Store dan 4,6 di App Store—game yang dirilis pada 2011 tersebut masih dinilai kurang memuaskan, terutama dari pengikut setia waralaba The Sims versi PC.

The Sims Mobile pun dihadirkan sebagai pilihan lain. Pada 2017, EA selaku pihak distribusi sebenarnya udah ngerilis game ini duluan di Brasil. Game ini pun terus menerus dikembangin dan diuji coba sampai akhirnya resmi dirilis di seluruh dunia buat Android dan iOS pada 7 Maret 2018. Nah, sebelum masang The Sims Mobile di smartphone lo, mending lo cari tahu dulu keseruannya di bawah ini!

1. Enggak Perlu Nunggu Seharian buat Beraktivitas

Kalau ngomongin The Sims Mobile, tentu kita enggak bisa enggak ngebandinginnya dengan The Sims FreePlay. Waralaba The Sims sendiri memang jadi populer berkat kecemerlangannya di versi PC. Nah, berbeda dengan The Sims FreeplayThe Sims Mobile nawarin pengalaman main yang lebih mendekati versi PC.

Ada banyak faktor The Sims FreePlay dinilai kurang memuaskan. Alasan utamanya adalah gameplay yang terlalu menguji kesabaran. Yap, lo bisa menghabiskan waktu seharian cuma buat nungguin karakter Sims lo kelar masak! Barang-barangnya pun dinilai terlalu mahal. Para gamers yang enggak sabaran pun selalu tergerak buat menghabiskan uang demi membeli Lifestyle Points yang memungkinkan lo buat menyingkat durasi aktivitas dan membeli barang-barang eksklusif.

Kali ini, kesabaran lo enggak perlu lagi dapat ujian berat. Soalnya, segala aktivitas Sims lo, seperti tidur, makan, ngobrol, dan makan, membutuhkan sekitar lima detik aja. Tantangannya justru ada pada stok energi Sims lo. Bergantung pada jumlah XP yang dihasilkan, aktivitas-aktivitas ini membutuhkan poin energi yang berbeda-beda. Demi memulihkan energi, lo bisa mandi, buang air, tidur, atau tungguin aja sebentar. Tenang aja, enggak sampai seharian, kok!

Menariknya lagi, ketika Sims lo bekerja, lo bisa pilih “bantuin” dia menyelesaikan tugas-tugasnya dengan cepat. Kalau lagi sibuk dengan hidup lo yang sebenarnya, lo bisa juga, kok, tinggalin Sims lo. Sims lo bakal bekerja sesuai dengan durasi berdasarkan pada jenis shift yang lo pilih sebelumnya.

2. Fitur Stories yang Menantang

Tantangan utama yang disajiin The Sims Mobile adalah hadirnya pilihan Stories. Stories ini mencakup tiga aktivitas utama yang harus dijalanin oleh Sims lo, yaitu relasi, karier, dan hobi. Setiap kategori punya ragam Stories yang berbeda-beda dan punya tahapan masing-masing. Stories inilah yang mengharuskan lo menempuh misi demi misi supaya lo bisa ningkatin level permainan dan mendapatkan berbagai rewards.

Pilihan Stories ini pun enggak semuanya bisa lo pilih dari awal permainan. Nantinya, setiap level lo bertambah, bakal ada pilihan karier dan hobi yang baru. Buat awal-awal, Sims lo bakal bekerja sebagai barista di sebuah kafe. Setiap tugas yang Sims lo kerjakan bakal menghasilkan Home Ticket untuk lo membeli items spesial, Simoleans buat memperapik rumah Sims lo, Career Points sebagai XP karier, dan XP general yang membantu lo ningkatin level permainan.

Di luar Stories, ada juga Events, Quests, dan Daily Tasks yang bikin keseruan game ini makin menantang. Tentunya, kalau bisa ngelarin tugas-tugas yang diberikan, lo bakal dapat rewards yang lebih bernilai.

3. Ada Beragam Misi Sosial yang Bisa Lo Pilih

Meski mendekati pengalaman gaming The Sims versi PC, The Sims Mobile punya gameplay yang berbeda. Memang, game ini masih sama-sama mengusung konsep simulasi kehidupan. Namun, ada berbagai misi yang mesti lo jalanin buat nambahin XP yang nantinya berguna untuk ningkatin level lo. Nah, enggak hanya soal karier dan hobi, lo juga bakal dikasih keseruan dari misi-misi Stories berdasarkan hubungan sosial dengan karakter Sims lain.

Yap, lo bisa nentuin karakter Sims lo bakal ngejalanin hubungan seperti apa, mulai dari pertemanan, romantis, hingga permusuhan. Nantinya, masing-masing opsi Stories bakal terbagi dalam lima chapters yang mesti lo tempuh berdasarkan level hubungan. Setiap chapters-nya bakal ngasih lo reward berupa pilihan pakaian baru buat karakter Sims lo.

4. Grafis di Luar Dugaan

Bisa dibilang, The Sims Mobile punya grafis yang memukau. Walau statusnya adalah game mobile, grafisnya menyerupai The Sims 4 yang notabene adalah seri terbaru waralaba The Sims buat PC. Bahkan, lagi-lagi berbeda dibandingin The Sims Freeplay yang grafisnya terlihat kaku, setiap pergerakan karakter dalam The Sims Mobile terlihat halus dan alami.

Mungkin lo mengira bahwa dengan grafis yang se-“wah” ini, game ini bakal berat buat dimainin. Nyatanya, anggapan itu salah besar. Game ini begitu lancar dan cukup mengesankan meski dimainin menggunakan smartphone keluaran 2013 dengan prosesor Qualcomm Snapdragon 600 chipset. Nah, kalau lo punya perangkat yang performanya lebih ciamik, pengalaman lo bermain bakal jadi lebih seru dengan grafis yang lebih mulus.

5. Kustomisasi Karakter yang Lebih Mendetail

Bisa dibilang, hal inilah yang bikin The Sims Mobile bakal digemari penggemar The Sims versi PC, khususnya The Sims 4. Di awal permainan, tentunya lo harus menciptakan dulu karakter Sims yang bakal lo mainkan. Mulai dari kepala, torso, hingga gaya, semua nyajiin pilihan yang cukup lengkap. Misalnya, ketika membuat wajah, lo bisa pilih templateyang disediain lalu mengatur lebar dan panjang kepala lo.

Buat membentuk torso, lo juga dikasih pilihan yang cukup lengkap. Lo bisa bikin Sims lo terlihat kayak orang cacingan dengan tubuh kurus dan perut buncit, tampak sombong dengan dada membusung, atau terkesan bugar dengan ukuran massa otot yang juga bisa lo atur. Bahkan, kalau memang punya niat kuat, lo bisa bikin diri lo sendiri versi karakter Sims.

6. Izzy Fabulous, sang Stylist Pribadi

Sepanjang perjalanannya, The Sims senantiasa bikin non-playable characters (NPC) yang ikonis. Kalau lo ngikutin seri-seri The Sims sejauh ini, tentu nama-nama mulai dari Brigit the Maid, Mrs. CrumpleBottom, Bonehilda, hingga Grim Reaper udah enggak asing lagi buat lo. Nah, kali ini, yang jadi bintang tamu adalah Izzy Fabulous.

Telusuri juga 10 Karakter Paling Ngeselin dalam Video Game.

Bukan sekadar NPC, Izzy adalah karakter yang dihadirkan sebagai stylist pribadi Sims lo. Dia sendiri punya toko fashionyang bisa lo sambangin di daerah Parkside. Alasan kenapa karakter cowok eksentrik berambut pink ini jadi stylist pribadi adalah lo bisa memintanya buat bikinin desain gaya yang keren dan menambah level lifestyle lo. Tentunya, enggak gratis, lo mesti membayar jasanya dengan Fashion Gems.

***

The Sims Mobile udah bisa lo unduh secara gratis. Namun, seperti game-game mobile pada umumnya, ada beberapa “kebutuhan” yang mengharuskan lo buat membeli Diamonds/HeirLooms. Game ini juga memungkinkan lo buat berinteraksi dengan para pemain lain lewat fitur Party dan Sticker.

Sebenarnya, sih, keseruan The Sims Mobile enggak cukup kalau dijabarin semua di sini. Tentunya, lo harus cobain sendiri kayak apa asyiknya. Kalau udah pasang aplikasinya dan mainin gamenya, lo hati-hati aja. Jangan sampai lo ketagihan membangun kehidupan fiktif lo dibanding realita lo sendiri.

artikel lainnya (REVIEW) The Sims Mobile

Monday 28 May 2018 | Game

Tak dipungkiri, perkembangan teknologi ponsel turut menggeser tren bermain game. Bila dulu game PC online sempat…

Saturday 5 May 2018 | Game, Teknologi

Google kabarnya tengag membantu pengusaha muda bidang teknologi, Michael Sayman, dalam membangun dan meluncurkan startup gaming…