Ruang Hobby

Ruang Nya Berbagai Hobby

Menu
Selamat Datang Di Portal Ruang Hobby, Tempatnya berbagi hobby, informasi dan komunitas serta Tips dan Trik

Tips Sehat | Ini Cara Memutus Risiko Penyakit Jantung karena Keturunan

May
21
2018
by : Ceps Ibo. Posted in : Kesehatan, Tips Sehat

Penyakit jantung adalah salah satu penyakit yang menjadi momok menakutkan bagi semua orang. Pasalnya penyakit yang disebabkan oleh pola hidup tidak sehat seperti merokok dan konsumsi alkohol ini menjadi penyakit dengan resiko cukup tinggi.

 

Bahkan bagi orang yang menderita penyakit jantung, mereka harus berhati-hati dalam melakukan aktivitas olahraga. Tidak semua orangraga baik dilakukan bagi penderita penyakit jantung. maka dari itu harus paham tentang beragam olahraga yang disarankan bagi pederita penyakit jantung.

 

Seperti diketahui, penyakit jantung adalah kondisi yang memengaruhi fungsi jantung. Jantung adalah organ muskular kompleks yang memompa darah keseluruh tubuh dalam ritme yang tetap.

 

Penyakit jantung, juga diketahui sebagai penyakit kardiovaskular, merupakan salah satu penyebab utama, kematian di seluruh dunia. Mengenali tanda dan gejala penyakit jantung dapat membantu mencegah kondisi Anda menjadi lebih buruk, sehingga Anda dapat menghindari gagal jantung yang biasanya menyebabkan kematian.

 

Apalagi selain disebabkan oleh pola hidup tidak sehat seperti merokok dan konsumsi alkohol, ada faktor lain seseorang bisa terjangkit penyakit jantung, yakni karena penyakit jantung karena keturunan.

 

Jika sudah melakukan pola hidup sehat, namun masih tetap was-was dengan penyakit jjantung, ternyata ada beberapa cara agar penyakit jantung karena keturunan itu bisa terputus.

 

Seperti dikutip Tech Times, studi dari UK Biobank project menemukan fakta bahwa ‘rantai’ penyakit jantung karena keturunan ini bisa diputus dengan melakukan aktivitas fisik.

 

Sebuah studi yang diterbitkan dalam Circulation mengamati aktivitas lebih dari 500.000 pria dan wanita dari berbagai usia dan ras di Eropa selama enam tahun. Semua peserta tersebut memiliki risiko genetik terkena penyakit jantung, serta faktor lainnya seperti hipertensi, kolesterol tinggi, dan diabetes.

 

Hasil penelitian tersebut menunjukkan peserta yang melakukan aktivitas fisik menurunkan risiko terkena penyakit jantung sebesar 50 persen. Para peneliti kemudian menyimpulkan aktivitas fisik dan kebugaran dapat menurunkan risiko genetik terkena penyakit jantung.

 

 

Peneliti dari Fakultas Kedokteran Universitas Stanford, Erik Ingelsson, mengungkapkan aerobik menjadi salah satu bentuk latihan fisik yang dapat menurunkan risiko terkena penyakit jantung turunan.

 

Meski aktivitas fisik dapat mencegah terjadinya penyakit jantung turunan, namun tidak ada yang mengetahui secara pasti waktu ideal untuk melakukan olahraga tersebut. American Heart Association merekomendasikan aktivitas fisik dilakukan selama 40 menit empat kali seminggu dengan intensitas sedang hingga kuat.

 

Tak hanya aktivitas fisik, tentunya untuk dapat menghindar dari penyakit jantung, Anda pun harus memiliki gaya hidup sehat, dengan tidak merokok dan menentukan pola makan yang baik.

 

Penyakit jantung menjadi salah satu penyebab kematian terbesar di Amerika Serikat, dengan angka kematian lebih dari 700.000 orang per tahun. Beberapa jenis penyakit jantung tersebut seperti serangan jantung, stroke, dan gagal jantung.

 

Related Post

artikel lainnya Tips Sehat | Ini Cara Memutus Risiko Penyakit Jantung karena Keturunan

Wednesday 16 May 2018 | Kesehatan, Olah Raga, Tips Olah Raga, Tips Sehat

Ramadan merupakan bulan spesial bagi seluruh umat Muslim. Mereka menahan lapar, haus, hingga hawa nafsu, yang…

Monday 7 May 2018 | Info Sehat, Kesehatan, Tips Sehat

Jarang diantara kita jika sedang merasa haus, lalu meminum air hangat. Sebaliknya jika sedang merasa haus…

Wednesday 16 May 2018 | Kesehatan, Tips Sehat

Ketika berpuasa tubuh tak akan menerima cairan selama kurang lebih 12 jam. Hal ini berisiko menyebabkan…

Friday 11 May 2018 | Info Sehat, Kesehatan, Tips Sehat

Tubuh langsing menjadi dambaan sebagian besar orang. Selain berolahraga dan menjaga pola makan, ada cara-cara tertentu…