Alexander Agung

Alexander III dari Macedonia atau lebih dikenal dengan nama Alexander Agung merupakan seorang raja dan panglima militer yang mendapat julukan ‘agung’ karena kepiawaiannya sebagai seorang pemimpin perang. Alexander tak pernah kalah dalam pertempuran, bahkan ketika jumlah pasukan yang dimilikinya kalah jumlah. Semua itu karena taktik cerdas, strategi berani, dan didukung kesetiaan para prajurit.

Alexander meninggal di usia muda, yaitu 32 tahun. Dia menghabiskan sebagian besar tahun-tahun kekuasaannya dalam kampanye militer melalui Asia dan Afrika timur laut, untuk menciptakan salah satu kerajaan terbesar dalam sejarah. Daerah kekuasaannya meliputi Yunani, India, Eropa, Persia, dan Mesir.

Salah satu komandan militer terhebat dalam sejarah ini dikenal memiliki hubungan dekat dengan Hephaestion yang dianggapnya sebagai sahabat, jenderal, dan ajudan. Menurut beberapa sumber, kematian Hephaestion membuatnya begitu depresi. Kabarnya kesedihan Alexander sepeninggal Hephaestion berperan besar dalam turunnya kesehatan fisik dan mental sang raja di bulan-bulan terakhir menjelang kematiannya sendiri.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*