Ali bin Abi Thalib: Bila Engkau Berkata Jujur, Akan Datang 3 Hal Ini

Salah satu hal yang susah ditemui pada manusia zaman ini adalah kejujuran. Sangat sedikit sekali orang yang nampu melakukannya. Bahkan, secara sengaja meninggalkannya.

Memang, ada adagium yang mengatakan bahwasanya jujur itu pahit rasanya. Namun, sekiranya mau sedikit bersabar, di balik rasa pahit itu selalu ada hal manis yang menunggu.

Berkata Ali bin Abi Thalib radhiallahu ‘anhu, ÔÇťOrang-orang yang suka berkata jujur mendapatkan tiga hal, kepercayaan, cinta, dan rasa hormat.”

Apa yang beliau katakan sangatlah benar. Orang yang selalu berkata jujur akan mendapat kepercayaan. Setiap kali dia berbicara tentang sesuatu, orang akan mendengar menaruh perhatian padanya.

Dia juga mendapatkan cinta, dalam artian orang menyukai sifatnya karena selalu berbicara apa adanya dan sesuai dengan realita. Tanpa mengada-ada, apalagi mengarang cerita palsu.

Dan terakhir, orang jujur jua akan memperoleh rasa hormat. Selalu berkata jujur, seolah olah sedang menjaga kehormatan. Sungguh, banyak orang kehilangan kehormatan karena seringkali berkata dusta dan mengubur sifat jujur jauh di dalam hati, hingga sulit untuk memunculkannya.

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*