Forki Gelar Seleknas Tahap Awal Asian Games

Pengurus Besar Federasi Olahraga Karate-do Seluruh Indonesia ( PB Forki) menggelar seleksi tahap awal persiapan Asian Games. Seleksi ini berlagsung di Hotel Arra Ciloto, Bogor, Jabar, Sabtu (10/3).

” Dalam proses seleksi kami justru membuka kesempatan bagi para karateka yang berprestasi untuk ikut dalam seleksi. Termasuk empat karateka yang mundur dari Pelatnas untuk bergabung kembali,” kata Lumban Sianipar, sekjen PB Forki kepada media.

Dia mengatakan, Forki tetap memonitoring karateka terbaik untuk bergabung di Pelatnas seperti dari Kejuaraan Piala Mendagri, akhir bulan ini di Sulawesi Tengah.

“Intinya kami ingin mendapatkan atlet terbaik. Jika ada karateka terbaik di Piala Mendagri nanti kenapa tidak untuk bergabung,” paparnya.

Ia juga mengatakan, proses seleksi yang dilakukan oleh pihaknya berbeda dengan seleksi Kejuaraan Nasional. Mencari yang terbaik bukan yang menjadi juara.

” Yang kita ikuti Pelatnas yang memperoleh juara satu dan kedua di tingkat nasional. Jadi tahap satu, nanti seleksi tahap kedua, sebelum entri by name, sekitar Juni. Harapan kita yang terpilih terbaik dari yang terbaik. Inilah inti dari kegiatan ini,” ungkapnya.

Pelatih Kepala Tim Karate Indonesia, Syamsuddin mengatakan para karateka Pelatnas masih terkesan ragu-ragu dan hati-hati dalam seleksi tahap pertama ini.

“Setelah saya amati anak-anak tadi masih ada timbul keraguan dan terlalu berhati-hati dalam menghadapi lawan. Mungkin, karena mereka harus mengumpulkan poin sebanyak-banyaknya agar lolos dalam tim. Jadi mereka belum lepas dalam mengambil keputusan,” kata Syamsuddin.

Namun, menurutnya di bagian putri, terlihat sudah ada kemajuan dan lebih berani lagi untuk melakukan variasi serangan terhadap lawan yang dihadapinya.

“Ini baru sebulan persiapan mereka. Kami juga harus lebih mengasah lagi masalah mental mereka,” tandasnya.

Ia juga mengatakan, nantinya untuk menambah jam terbang para karateka juga akan tampil di kejuaraan SEAKF di Vietnam dan mengikuti beberapa turnamen Premiere League di Eropa.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*