Genghis Khan

Genghis Khan adalah pendiri Kekaisaran Mongol dan Khan Agung pertama. Bagi sebagian besar warga Mongolia dialah pendiri negara tersebut. Pria yang lahir dengan nama Temujin ini berkuasa setelah menyatukan suku-suku nomaden di timur laut Asia lewat serangkaian pertempuran.

Setelah diangkat menjadi Genghis Khan dia menjalankan serangkaian invasi dan menaklukkan sebagian besar Eurasia. Di akhir hayatnya Kekaisaran Mongol telah menduduki titik penting di Asia Tengah dan China pula.

Genghis Khan dan para prajuritnya ditakuti karena kerap melakukan pembantaian besr-besaran terhadap warga sipil daerah taklukan mereka. Bahkan wanita dan anak-anak pun tak lolos dari pembunuhan.

Walaupun begitu Genghis Khan juga dianggap berjasa karena telah mengamankan Jalur Sutera, sehingga tercipta komunikasi perdagangan yang bagus antara Asia Timur Laut, Asia, dan Eropa. Dia menetapkan aksara Uyghur sebagai sistem penulisan yang berlaku, mempraktikkan meritokrasi, dan mendorong toleransi beragama di negara tersebut.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*