Ieyasu Tokugawa

Ieyasu Tokugawa adalah shogun pertama dari Keshogunan Tokugawa Jepang, yang secara efektif memerintah Jepang sejak Pertempuran Sekigahara pada tahun 1600 hingga datangnya Restorasi Meiji di tahun 1868.

Ieyasu merebut kekuasaan pada tahun 1600, ditunjuk sebagai shogun pada tahun 1603, dan turun tahta dari jabatannya pada tahun 1605, tetapi tetap berkuasa sampai kematiannya pada tahun 1616.

Ieyasu memiliki sejumlah kualitas yang memungkinkannya untuk naik ke tampuk kekuasaan. Dia adalah ahli strategi yang berhati-hati, namun berani mengambil keputusan berani di saat yang tepat. Dia sempat bersekutu dengan klan Hojo, Nobunaga Oda, serta Hideyoshi Toyotomi dan menghasilkan keuntungan untuk kedua belah pihak.

Ieyasu memiliki kesetiaan besar, seperti yang ditunjukkannya pada Nobunaga Oda walaupun dia juga tak segan berkhianat jika aliansi dianggap merugikan. Itulah yang dilakukannya terhadap keluarga Hojo.

Sampai saat ini Ieyasu disebut sebagai salah satu dari tiga pemersatu Jepang. Dua lainnya adalah mantan majikannya, Nobunaga Oda dan Hideyoshi Toyotomi.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*