Kenali Manfaat Daun Kumis Kucing untuk Kesehatan dan Pengobatan Alami

Asam Urat sudah tak asing lagi dikalangan masyarakat. Penderitanya tidak memandang usia. Lebih menyakitkan lagi penyakit ini menyerang persendian dalam tubuh manusia.

Salah satu cara mengobati asam urat dapat dilakukan dengan memanfaatkan tanaman kumis kucing.

Kumis kucing atau Orthosiphon aristatus adalah salah satu tanaman yang termasuk ke dalam famili Labiate.

Tanaman ini mudah sekali ditanam dan tumbuh di daerah tropis seperti Indonesia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa daun kumis kucing mengandung nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan, salah satunya untuk asam urat.

Khasiat daun kumis kucing untuk penderita asam urat

Mengurangi rasa nyeri akibat serangan asam urat Flavonoid yang terkandung dalam kumis kucing mempunyai sifat sebagai antiinflamasi dan antioksidan. Sifat tersebut akan membantu mengurangi rasa nyeri akibat peradangan yang terjadi pada tulang dan juga persendian Anda.

Antiinflamasi juga bisa mengurangi memar dan bengkak pada area persendian akibat pengkristalan asam urat yang terjadi didaerah persendian yang meradang. Selain itu, antiinflamasi juga bisa membantu memelihara kesehatan sendi lainnya.

Memelihara kesehatan ginjal

Sebelum darah berubah menjadi urin dan dikeluarkan karena tak lagi berguna bagi tubuh, semua sistem organ di dalam tubuh bekerjasama menyerap nutrisi dan juga zat yang berguna untuk tubuh yang ada di dalam makanan yang dikonsumsi.

Menyerap kelebihan zat asam urat yang terdapat dalam darah adalah salah satu tugas ginjal. Kelebihan zat asam urat tersebut dikhawatirkan bisa membentuk batu ginjal yang bisa menyumbat saluran yang ada didalam sana.

Nah, kumis kucing memiliki kandungan garam kalium yang bersifat diuretik. Sifat tersebut dapat mencegah terjadinya endapan-endapan batu ginjal dan melarutkannya dalam bentuk urin yang kemudian akan dibuang.

Melarutkan kadar asam urat tinggi dalam darah

Munculnya asam urat berawal dari tak terkontrolnya kadar asam urat dalam darah. Kadar asam urat tersebut mempunyai hubungan yang cukup erat dengan makanan dan minuman tertentu serta gaya hidup yang tak sehat.

Daun kumis kucing mempunyai manfaat untuk melarutkan kadar asam urat sehingga tidak memiliki kesempatan untuk mengendap dan juga mengkristal pada persendian. Bukan hanya melarutkan kadar asam urat saja, daun kumis kucing pun juga bisa melarutkan asam oksalat dan fosfat yang mengendap di daerah kandung kemih, ginjal dan empedu.

Tips mengolah daun kumis kucing untuk asam urat Dibuat menjadi teh

Anda bisa membuat teh dari rebusan daun kumis kucing yang sudah dikeringkan. Mungkin, 1-2 gelas teh daun kumis kucing tersebut bisa mengurangi kadar asam urat di dalam darah Anda.

Rebusan daun kumis kucing

Bila Anda mempunyai tanaman kumis kucing di sekitar tempat tinggal Anda, maka Anda tak perlu repot pergi membeli daun kumis kucing yang dikeringkan. Cukup ambil 5 helai daun kumis kucing dan juga 3 batang daun meniran serta 250 ml air. Setelah semua siap, campurkan dan rebus sampai mendidih dan airnya tersisa setengahnya. Anda bbisa mengonsumsi rebusan daun kumis kucing ini sebanyak 3-4 kali sehari.

Demikian pembahasan mengenai Cara Mengobati Asam Urat dengan Daun Kumis Kucing. Cukup mudah bukan? Dan pastinya, Anda tidak ingin menderita nyeri pada persendian akibat asam urat bukan. Karena itu, mulai perhatikan serta jaga kesehatan tubuh Anda saat ini juga.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*