Museum Monumen Perjuangan Rakyat Jawa Barat

Sudah penasaran sama 📍Museum Monumen Perjuangan Rakyat Jawa Barat?

Kita beri infonya deh supaya dateng kesini dan bisa bernostalgia era 80an-90an!

💁🏻‍♀️Nama: Museum Monumen Perjuangan Rakyat Jawa Barat

🗺Alamat: Jl. Dipati Ukur, Lebakgede, Kecamatan Coblong, Kota Bandung

⏰Jam operasional: senin – jumat (08.00 – 16.00)

🎟Tiket: Gratis

Seperti apa sih tempat ini?👌🏻

👉🏻Monumen Perjuangan Rakyat Jawa Barat ini merupakan museum sejarah perjuangan rakyat Jawa Barat🏛Monumen ini sendiri diresmikan pada tanggal 23 Agustus 1995 oleh Gubernur Jawa Barat pada saat itu, Raden Nana Nuriana!

Sejak April 2010 monumen ini dikelola oleh Balai Pengelolaan Kepurbakalaan Sejarah dan Nilai Tradisional (BPKSNT) Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jawa Barat!

👉🏻Monumen ini memiliki model bangunan yang menyerupai bambu runcing yang secara filosofis menggambarkan perjuangan rakyat Jawa Barat dan bangunan ini dipadukan dengan gaya arsitektur yang modern!

👉🏻Saat masuk baraya akan menemukan diorama perjuangan masyarakat Jawa Barat🖼Baraya bisa menyaksikannya dari balik kaca yang dibatasi pagar besi!

Di depannya ada alat multimedia yang bisa digunakan oleh baraya untuk mendengarkan audio📻, melihat video📽, dan membaca sejarah diorama yang sedang disaksikan!

👉🏻Di museum ini juga terdapat boneka-boneka berukuran manusia yang menggunakan seragam tentara pada masa lalu🎎Dalam etalase lainnya terdapat pajangan foto, dan peta jejak para pejuang pada masa penjajahan dulu!

👉🏻Di area lainnya terdapat juga perpustakaan dan auditorium🎤Dalam perpustakaan tersebut tersedia ruang baca yang memiliki koleksi buku yang berhubungan dengan perjuangan melawan penjajahan khususnya di Jawa Barat…

Liburan sambil belajar sejarah🎓, seperti kata salah satu sastrawan terbaik bangsa ini Pramoedya Ananta Toer: “Sejarah dunia adalah sejarah orang muda, jika angkatan muda mati rasa, matilah semua bangsa!”

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*