Perawatan burung kolibri agar rajin bunyi

Selama ini orang-orang menyebutnya sebagai burung kolibri, nyatanya burung kolibri tidak berhabitat dan memiliki penyebaran di kawasan Asia, kolibri hanya bisa ditemukan di Benua Amerika saja. Di Indonesia spesies burung yang sering disamakan dengan kolibri adalah spesies burung madu, spesies burung ini cukup popular sebagai burung peliharaan karena suara dan gaya berkicaunya yang khas. Berikut bagaimana perawatan burung kolibri/madu agar rajin bunyi.

Ada beberapa jenis burung madu yang dikenal sebagai burung peliharaan, di antaranya burung madu bakau yang sering disebut sebagai kolibri ninja, burung madu kelapa dan burung madu sriganti. Semua spesies itu dikenal sebagai burung kolibri oleh banyak penggemar burung di Indonesia.

Merawat burung kolibri / burung madu sebenarnya tidak lepas dari karakter burung itu sendiri. Burung madu adalah burung pemakan nektar dan serangga, karena itu dalam perawatannya kita bisa menyediakan nektar buatan untuk memenuhi kebutuhannya akan sari bunga tersebut.

Nektar buatan ini bisa dibuat dengan mencampurkan air matang dan gula putih dengan perbandingan 1:4. (1 gelas untuk 4 sendok teh gula putih ). Air dan gula itu kemudian dimasak hingga matang, dan setelah dingin baru diberikan pada burung.

Komposisi dan kandungan nektar buatan dengan sari bunga mencapai kesamaan hingga 80 persen, jadi pakan ini sangat diperlukan agar burung madu/kolibri bisa memiliki energi yang cukup untuk beraktifitas termasuk berkicau.

Selain nektar buatan, serangga seperti ulat hongkong putih kecil, jangkrik atau laba-laba kecil bisa diberikan sebagai pakan tambahan yang mengandung protein bagi mereka.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*