Racikan milet untuk burung pemakan biji bijian

Burung pemakan biji bijian seperti kenari, finch, parkit, dan lovebird sangat menyukai milet. Pakan ini memiliki kandungan nutrisi tinggi. Milet bisa diberikan dalam berbagai penyajian, termasuk dicampur bahan pakan lain agar bisa meresap ke dalam bijinya sebelum dikonsumsi burung. Milet racikan bernutrisi tinggi ini bisa membuat burung lebih sehat, lebih aktif, dan lebih rajin berbunyi.

Pakan milet racikan sebenarnya sudah lama dikenal kalangan penggemar burung di mancanegara, dan sering digunakan untuk menjaga kondisi burung-burung yang sedang ditangkarkan, khususnya burung pemakan biji-bijian

Bagaimana cara membuat milet racikan untuk burung pemakan biji bijian yang kaya protein dan nutrisi lainnya. Yuk kita simak bersama.

Bahan baku milet racikan untuk burung pemakan biji bijian:

  • Milet, dengan takaran tergantung kebutuhan.
  • Beberapa butir telur ayam.
  • Beberapa buah tulang sotong.

Cara membuat milet racikan untuk burung pemakan biji bijian:

Sebelum digunakan, milet sebaiknya dikeringkan dulu agar kulit kerasnya bisa menyerap ke bahan-bahan pakan lainnya dan masuk ke dalam bijian. Pengeringan bisa dilakukan dengan  dijemur di bawah terik matahari selama beberapa jam, atau menggunakan oven listrik dengan suhu sekitar 150 derajat C dan dipanggang selama 3 – 5 menit.

Milet dikeringkan dengan cara dipanggang di dalam oven.

Setelah kulitnya kering, milet mudah menyerap bahan-bahan pakan yang dicampurkan bersamanya. Karena itu, setelah dikeringkan, milet disimpan dalam mangkuk atau piring, sambil menunggu proses pengolahan bahan pakan lainnya.

Kulit telur / kerabang / cangkang tidak perlu dibuang, tetapi dikumpulkan dan dikeringkan dengan cara dipanggang dalam oven selama beberapa menit.

Setelah kering, cangkang telur diblender hingga menjadi tepung.

Siapkan tulang sotong, lalu ambil bagian tengah berwarna putih, kemudian diblender hingga menjadi tepung. Adapun kulit tulang sotong yang keras dibuang saja.

Campurkan semua bahan (bubuk cangkang telur dan bubuk tulang sotong) ke dalam adonan telur yang sebelumnya sudah disiapkan, lalu aduk hingga semua bahan tercampur merata.

Semua adonan di campur ke dalam milet, dan aduk hingga semua bahan tercampur merata. Keringkan milet dengan cara diangin-anginkan, sampai semua bahan menyerap ke dalam seluruh biji milet.

Setelah kering, milet racikan yang berprotein tinggi dan memiliki citarasa lezat ini bisa diberikan kepada burung piaraan Anda.

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*