Sex diwaktu hamil bolehkah?

Pada umumnya hubungan suami istri saat hamil merupakan kegiatan yang aman dilakukan saat usia kehamilan berapapun. Tidak ada batasan usia kehamilan untuk berhubungan. Hubungan suami istri menjelang persalinan pun aman dilakukan asalkan kondisi ibu dan janin sehat. Hubungan suami istri sebaiknya ditunda apabila mengalami kondisi berikut ini:

1. Riwayat perdarahan saat hamil
2. Riwayat kebocoran air ketuban
3. Placenta previa / plasenta menutupi jalan lahir
4. Riwayat persalinan prematur
5. Leher rahim terbuka lebih awal.
.
Perut ibu hamil yang membesar terkadang membuat rasa tidak nyaman. Oleh karena itu posisi hubungan seks yang disarankan yaitu dengan posisi dari samping atau dari belakang agar ibu hamil lebih nyaman.
Seks oral diperbolehkan selama suami tidak meniupkan udara ke dalam vagina agar tidak terjadi emboli. Sdangkan seks anal tidak dianjurkan. Meskipun hubungan suami istri diperbolehkan dan aman untuk dilakukan, hubungan suami istri saat kehamilan tetap memiliki beberapa resiko seperti kontraksi rahim, kelainan kromososm janin, dan keguguran.
.
Namun selama kehamilan sehat dan tidak mengalami masalah, anda tidak perlu khawatir sebab hubungan suami istri tetap boleh dilakukan kapan pun.
.
Repost @catatan_dokter

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*