Tariq bin Ziyad

Tariq dikenal sebagai penakluk Spanyol dan diakui sebagai salah satu panglima militer Muslim terbesar sepanjang masa. Walaupun begitu tak banyak informasi mengenai asal-usul dan kebangsaannya yang bisa digali. Ada yang menyebut dirinya sebagai orang Persia, anggota klan Sadif, Berber dari Aljazair atau bahkan budak dari seorang emir Afrika Utara.

Hampir semua informasi yang berkaitan dengan Tariq berasal dari tahun 711 ketika dia melancarkan invasi ke Spanyol. Walaupun kalah jumlah, pasukannya mendapat kemenangan gemilang di Pertempuran Guadalete yang membuat Raja Roderic dari Spanyol terbunuh.

Tariq membagi pasukannya menjadi empat divisi saat mereka mengejar musuh yang kalah ke Toledo. Mereka segera menaklukkan Kordova, Granada, Toledo dan Guadalajara. Bersama Musa bin Nusayr, dia menaklukkan sekitar dua pertiga Semenanjung Iberia yang meliputi Saragossa, Barcelona, dan Portugal. Tentara Muslim bahkan pergi ke Prancis dan menaklukkan Lyons. Itulah awal pemerintahan Muslim di Spanyol sampai 1492.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*