Usai sahur jangan langsung tidur bahaya

Salah satu masalah yang bisa terjadi jika tidur usai sahur yakni GERD atau gastroesophageal reflux disease, penyakit pencernaan yang paling umum di dunia. Dokter spesialis penyakit dalam dari RSCM/FKUI, Dr dr Ari Fahrial Syam mengatakan langsung tidur setelah sahur menyebabkan asam lambung kembali ke arah kerongkongan sehingga saluran cerna bermasalah.

Menurut dr. Ari, GERD atau gastroesophageal reflux disease ternyata termasuk dalam penyakit paling sering muncul di seluruh dunia. Setidaknya 10 hingga 20 persen orang dewasa di muka bumi ini pernah mengalami penyakit ini. Bagi mereka yang berpuasa, masalah kesehatan ini bisa muncul karena banyak dari mereka yang kurang tidur namun tetap bangun untuk melakukan santap sahur. Setelahnya, rasa kantuk pun akan melanda dan akhirnya mereka kembali tidur. Padahal, ada baiknya kita memberikan jeda sekitar dua jam antara waktu makan dan tidur.

Gejala dari penyakit GERD sendiri biasanya adalah sensasi terbakar pada dada yang disebut sebagai heartburn, peningkatan produksi air liur, masalah bau mulut, sakit telinga, serta nyeri pada dada. Tak hanya itu, GERD juga bisa memicu suara serak, radang pada tenggorokan, hingga batuk kering kronis. Melihat betapa buruknya gejala dari masalah kesehatan ini, ada baiknya memang kita tidak lagi langsung tidur setelah makan sahur. (Source: Doktersehat.com)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*